Selasa, 29 November 2011

KEHAMILAN DAN SAKIT GIGI

 
Suatu hari hampir tengah malam bel pintu rumahku berdering, seorang bapak muda bercelana pendek dan berkaos oblong dan berwajah kusut…(padahal aslina ganteng dia) bertanya; “dokter Evy, istri saya hamil sekarang sakit gigi, bisa minta tolong dok?” Sambil ngucek-ngucek mata, aku yang sudah berpiyama akhirnya mempersilahkan ibu muda cantik yang sedang hamil 8 bulan tersebut masuk keruang praktekku.
“Maaf malem-malem dokter tapi saya hampir gila dok, tolong saya sakit sekali neh, sudah minum ponstan masih sakit juga, saya sudah tiga kali ditambal lepas terus dan sekarang mau di cabut saja dokter tadi saya sudah ke rumah sakit H*****a katanya tidak boleh dicabut gigi kalau hamil…. “gigi saya malahan ditambel dan tambah sakit…
Dengan terkantuk-kantuk kurawat gigi bumil tersebut, kumatikan dan kuamputasi (waduh kejam bener ya aku) syaraf giginya tapi demi mempertahankan keselamatan 3 nyawa dari kegilaan daripada nunggu besok2 bisa jadi gila beneran neh…ibu, bayi dan suaminya …kasihan khan? Rupanya kondisi lubang giginya sudah sulit dipertahankan dengan bahan tambalan…meski sakitnya sudah hilang tapi infeksi dapat sewaktu-waktu terjadi kembali karena lubang gigi sudah di bawah gusi.
Mode serius “on”
Kehamilan adalah kondisi alamiah dan bukanlah suatu penyakit, jadi orang hamil berhak mendapatkan pelayanan seperti halnya orang normal lainnya. Pada kondisi gigi memang perlu di cabut karena menyebabkan peradangan atau abses, mekipun sedang hamil sebaiknya memang harus dilakukan pencabutan, karena bila infeksi tersebut bila dibiarkan akan mengakibatkan kondisi yang lebih berat, infeksi dapat menyebar melalui aliran darah bahkan ke bayi dalam kandungan.
Pencabutan dapat dilakukan asalkan pencabutan tersebut terkontrol dalam arti perdarahannya minimal, lukanya minimal, infeksinya terkontrol jadi penanganan yang dilakukan harus gently dan safely bila perlu dilakukan pemberian lokal koagulan dan penjahitan pasca pencabutan agar darah tidak terlalu banyak keluar kemudian pasien juga harus beristirahat cukup dan makanan begizi agar lukanya cepat sembuh dan bayinya sehat.
Jadi untuk ibu-ibu hamil asupan gizi juga harus cukup, minum susu biar gigi ibu dan anak dalam kandungan tumbuh sehat dan kuat… jagalah kesehatan mulut demi kesehatan bayimi, bila perlu kunjungilah dokter gigi terdekat anda untuk dilakukan penambalan dan eliminasi sumber infeksi di mulut

34 Tanggapan

  1. bukan masalah hamilnya yang bikin aku agak bingung, tapi katanya kalo sakit belum boleh dicabut, piye dok?
  2. Kalau sedang sakit ya sakit dan infeksinya di atasi dulu klo udah enakan baru di cabut giginya ga masalah mau hamil atau tidak hamil sama aja gitu policynya, jangna karena hamil trus ga boleh di cabut meski giginya udah busuk dan jd sumber infeksi
  3. Lha dok, katanya hamil juga gara-gara disebabkan oleh sesuatu yang lupa dicabut :lol:
  4. *mode serius on error*
    Bu dokter kenapa giginya ditangani … bukannya dibiarkan saja sebagai penolong sakit saat melahirkan… sebab konon jika si Ibu melahirkan sakitnya luar biasa. Kan Jika giginya dibiarkan sakit, maka saat persalinan yang sakit malah giginya…
    Jadi dokter gigi sebaiknya ngalah sama dokter kandungan … nanti setelah kandungan selesai ditangani, maka prosesedur berikutnya giginya ditangani…
    *mode serius on ready* :D
  5. Biasanya cameranya ready terus untuk menampilkan gambar bapak dan ibu yang ganteng itu…. ooh baruingat, semangat dokter meski sedang tidur berpiyama ada yang minta tolong tetap harus bangun yaa meskipun sedang memeluk anu eh maaf bantal…. :)
    *kabur* dikeplak pake catut gigi……
  6. hARI INI SAYA TIDAK BISA POSTING LAGI.. TIDAK BISA MASUKAN ARTIKEL2 KEMBALI..
    bLOG SAYA TELAH HILANG LENYAP DAN MUSNAH TIDAK TAHU KEMANA RIMBANYA…
    aDA YANG BISA BANTU.. KIRA2 KENAPA BLOG SAYA BISA HILANG email :wargabanten@yahoo.com
    terima kasih semua..
  7. tapi apa bener bu, klo ada kondisi2 tertentu gigi g blh dicabut??? Jelasin donk, Bu …
  8. istri saya sampe takut banget kena sakit gigi pas hamil…bahkan ampe paranoid…mungkin bisa dijelaskan bu, apa efek dari sakit gigi pada ibu hamil.
  9. terima kasih atas sharingnya bu dokter :)
  10. Pak Kurtubi kejem beneeeerrrrr… *bletak*
    Seingatku, dulu waktu hamil anak pertama gigiku dicabut, tuh. Memang dirawat dulu supaya sakitnya mereda, sih. Kata bu dokter gigi, kalau gigi ibu hamil mau dicabut, lebih baik di trimester dua. Memang begitu ya, bu?
    Meggy Z. bohoooooooonnnggg…!!! Mending sakit hati daripada sakit gigi!!
  11. **ketawa baca komen bu guru lita**
    mungkin yang jarang bohong meggy A
    belum nemuin linknya bu, kenapa cabut gigi di ibu hamil ga boleh, takut pendarahannya atau kesakitan waktu dicabut berpengaruh pada janin atau …..
  12. berarti sebelum hamil harus check up gigi ya bu? biar pas hamil nggak ada masalah… :mrgreen:
  13. wah emg gitu yah bu…???
    ngeri juga tuhh…kebetulan sekarang istri saya lagi hamil ..jadi harus rawat gigi yang baik ya bu…biar ga sakit gigi. kasian juga kalo sakit gigi waktu hamil, dah berat mondong jabang bayi, sakit gigi lagi.
  14. Emang harus sabar jadi dokter. Siaga setiap saat. Lebih sabar lagi suaminya dokter… yang harus siap kapan pun istrinya dipinjam.
    Ada-ada saja, kedaruratan gigi karena hamil…(opo tumon?)
  15. :) neen dan yang lainnya
    Kondisi tidak boleh di cabut adalah pada keadaan infeksi sedang akut, kenapa? karena pada keadaan tersebut bakteri sedang aktif2nya atau lagi hot2nya dan belum tercover atau di taklukan oleh antibiotik, pencabutan pada keadaan tersebut itu membuka pembuluh darah sehingga bisa menyebarkan infeksi dan juga biasanya keadaan jaringan akan asam sehingga obat anestesia lokal yg bersifat basa akan di netralkan alias tidak jalan anestesinya… ya jelas ga akan kecabut karena sakit sekali dong klo anestesia ga jalan…
  16. dok kalo pencabutan gigi selama kehamilan itu ada batasan waktunya ga, maksudnya pada usia kehamilan berapa saja siperbolehkan pencabutan gigi?…
    trus dok setelah dilakukan pencabutan perlu diberikan analgesik dan antibiotik apa yg aman untk ibu hamil?….
    Thanks….
  17. Dok… jumat kmrn saya mau cabut gigi & giginya sudah hampir 1 bln ngk sakit. yang mau di cabut gigi graham atas, tp blm slesai dicabut gigiya sakit skali & dokter giginya suruh Foto gulu baru jumat ini disuruh datang lagi.. Tp gigi saya masih agak sakit sdikit lg dok, apa bisa dicabut…
    Thanks.
  18. Salam kenal Bu Dok! Wah, sempet juga ngeblog ya… Padahal udah dobel tuh kerjaan: tenaga medis n mommy. Bagi-bagi dong tips manajemen waktunya!
    O, ya… Waktu hamil anak pertama dulu juga saya pernah ditambal gigi. Tapi yang bikin panik saya tiba-tiba pingsan pas mulut lagi nganga. Pas siuman langsung muntah. Padahal seumur hidup saya ga pernah pingsan. Kbanyakan obat bius atau apa ya?
  19. dok,aku tkut cabut gigi soalnya gigi yg mau d cabut dah gak ada pinggirannya alias melebes k dalam jd dah rata ama gusi yg aku takutkan adalah giginya gak bisa d caabut n mlaah sakit trus soalnya ktakutan saya ini saya biarin ampe 3 tahun lamanya duh lama banget…ampe gigi yg mau d cabut rata dengan tanah dan menghitan hiiiiiiihhhhhhhhhhhhh…….gimana dok solusinya masih takut cabut gigi nih
  20. dok?cabut gigi d puskesmas takut dokternya galak2 hiiiiiiiiiiih,klo d dokter khusus gigi takut mahal duitnya kurang ntar d cabutnya sebagian lg………,dok klo atasi gigi yg berplak gimana apa ada obat khusus atau formula khusus biar plak bisa hilang dan gigi kembali putih dok?tp jgn yg mahal2 sesuai ongkoslah n uang anak kos2an kayak aku gitu????he…
    klo bersihin gigi n mutihin gigi berapa ya dok?
  21. duh, aku dah setahun nih belum perawatan gigi. belum kenal banyak rumkit di sby. ada advis gak kemana ? ada asuransi kesehatan dari kantor padahal :)
  22. Bu Dokter yang keren, siska pernah baca (lupa dimana) kalau lagi hamil sakit gigi dan infeksi itu bahaya, karena katanya bisa mempengaruhi kondisi janin, makanya sangat diperlukan perawatan gigi dengan pemenuhan asupan kalsium terutama saat hamil, bener ga tuh dok?
  23. pada Juni 3, 2008 pada 5:53 am | Balasopix4shared
    Salam kenal….Memang senyum itu sehat dan indah…
  24. gigi yang dicabut atau dirawat waktu hamil. Faktor yang harus diperhatikan kondisi ibu hamil secara menyeluruh. Usia kehamilan.
    Bila kondisi ibu hamil sehat, tidak ada kelainan maka pencabutan boleh dilakukan. Jika usia kehamilan dibawah 3 bulan maka sebaiknya pencabutan gigi ditunda, karena ada kemungkinan terjadi aborsi.
  25. maaf, dokter evy praktek dimana?
    istri saya mengalami kasus yg sama
    mohon bantuannya
  26. dokter saya mau nanya.saya juga lagi sakit gigi dan lagi hamil 3 bulan. kalau minum yang agak panas atau dingin langsung senut2. apa harus ditambal atau dicabut. Berbahaya ga terhadap kehamilan saya.
  27. Bu dokter, saya sedang hamil 3 bulan, tapi sejak kehamilan 2 bulan gigi geraham bawah saya sakit sekali. r\Rasa sakitnya mulai terasa di sore hari hingga malam.Sudah saya cek, gigi saya memang berlubang kecil sekali seperti titik. Saya tidak pernah mau minum obat-obatan karena takut akan berefek pada kondisi janin saya.. Bu dokter apa saran ibu atas kondisi saya ini ?? saya mohon bantuan Ibu. Makasih.
  28. bu dokter,saya hamil baru 1bln trus tadi saya dari dktr gigi n gigi bungsu saya tumbuhnya miring…minggu dpan katanya m dioperasi trus di kasih 3 macam obat: ponstan,lincocin,dan nonflamin.bisa ga saya minum obat2 ini? trma kasih
  29. Trims info yang sangat bagus dan bermanfaat :)
  30. Dokter saya mau tanya,gigi saya kan di Orto trus harus di cabut giginya supaya rapih dan Saya sedang Hamil.apakah boleh ?apakah itu tidak akan berpengaruh pad kehamilan saya?
  31. dok saya agi hamil 5 bulan gusi bengkak biasanya kumur dengan betadine jadi enak tapi dosis nya saya bingung sekali kumur atau bisa 2 kali kumur
  32. Dok..mau nanya nih..saya hamil 31w..dan sedang sakit gigi..sama dr.gigi aku dikasih kapas dan obat saja..karena gusinya udh bengkak..nah,..saya dikasih obat minum mefinal 500mg dan nonflamin 50mg
    berbahaya nga yah dok obat ini buat babyku??soalnya sumpah..nga nahan banget nyerinya..panadol/parasetamol juga udh nga mempan..
    mohon dibalas yah
    tq
  33. siang dok….dokter praktek dmn ya??saya jg lg hamil 8 bln dok n gigi saya harus dicabut,,,tp kmrn dokter saya kedokter gigi tapi dokter gigi tersebut hanya menyarankan saya untuk rajin bersihkan gigi…saya sdh rajin dok bersihkan gigi tp sekarang bengkak lg..saya gak kuat dok…saya gak bisa makan n tidur…kasian bayi dikandungan saya dia selalu ikut bergadang klo saya merasakan sakit…mohon dibalas ya dok…
  34. Dokter… sy skrg hamil prtama, UK 8 mgg… beberapa hari yll, sy sakit gigi,, smpai bnr2 menganggu aktivitas tidur n makan sy..
    sy pnh konsultasi ke dokter gigi.. tp ktx tdk blh dicabut n rajin2 membersihkan gigi..
    sy jg diberi paracetamol… tp klo sakit gigi sy kambuh.. g pnh sy konsumsi krn sy takut dgn prkembangan janin sy..
    lalu bagaimana solusix dokter..??
    terima kasih atas perhatiannya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar