Selasa, 29 November 2011

BAU MULUT

Bau Mulut

Hiiiiii, siapa sih yang mau. Bau mulut membuat orang jadi minder, tidak Pede dan cenderung pasif dalam berkomunikasi, yang akibatnya akan membuat kita jadi tidak produktif. Padahal tau ga sih? Mayoritas, Bau mulut itu terjadi karena kesalahan kita sendiri, terutama dalam hal masalah prilaku dan kurangnya menjaga kebersihan.

Oke sekarang akan kita bahas tentangPenyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasi dan Menghilangkan Bau Mulut.





Bau mulut timbul akibat beberapa faktor, diantaranya yaitu :
  • Bakteri yang bersarang di mulut kita. Bakteri-bakteri ini hidup, bersembunyi dan berkembang biak di mulut kita, terutama di gigi dan lidah. Bakteri ini mengeluarkan zat yang menimbulkan aroma bau yang kurang sedap di hidung orang lain.
  • Tonsil/ amandel. lubang kecil di amandel kita yang disebut crypts, ternyata bisa menimbulakan bau mulut. Di lubang inilah sisa makanan dan kuman terselip yang akhirnya menimbulkan bau yang cukup menyengat.
  • Makanan dan minuman. Makanan dan minuman, tanpa kita sadari adalah menjadi faktor penentu bau mulut yang terjadi pada diri kita.
  • Gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan bisa mengakibatkan bau mulut. Gas yang timbul akibat dari proses pencernaan yang kurang baik di perut dan saluran pencernaan kita akan menimbulkan bau mulut yang kurang sedap di pandang mata (kok dipandang mata, dipandang hidung kali ^_^)
  • Penyebab lain Penyakit (infeksi saluran nafas, sinus, diabetes, gangguan ginjal, dll) serta hal-hal lain.


    Cara Mengatasi Bau Mulut / Cara Menghilangkan Bau Mulut


    Untuk menghilangkan bau mulut, sebenarnya cukup mudah, berikut ini cara-cara mengatasi dan menghilangkan bau mulut yang bisa anda coba :
    • Menyikat Gigi. Menyikat gigi pada sebagian kasus bisa menghilangkan bau mulut. Bersikat gigilah dengan baik dan benar, hilangkan sisa-sisa makanan yang menyelip di sela-sela gigi anda. Ingat bahwa lidah dan bagian bawah lidah adalah penyumbang terbesar masalah bau mulut, bersihkan lidah anda dengan sikat khusus lidah dan bersihkan juga bagian bawah lidah anda. Untuk mengoptimalkan pembersihan mulut, anda bisa memakai bahan tambahan seperti obat kumur. 
    • Bersihkan juga langit-langit mulut anda, karena ternyata langit2 mulut anda merupakan salah tempat dimana bakteri penyebab bau mulut bersarang.
    • Kurangi makan-makanan yang menyengat seperti durian, petai, jengkol, dan sebagainya.
    • Tambal gigi anda yang berlubang. Gigi yang berlubang adalah penyebab bau mulut yang akut, karena di gigi yang berlubang itulah sisa makanan bersarang yang tentunya akan dikerubuni oleh kuman-kuman yang menyebarkan bau mulut, seperti semut yang mengerubuti gula.. hiiiiiii.
    • Proses pencernaan yang kurang sempurna akan mengakibatkan bau mulut. Makanlah yang secukupnya, jangan terlalu kenyang. Lancarkan buang air besar anda agar perut tidak penuh dan pencernaan menjadi lancar.
    • Rokok dan kopi bisa mengakibatkan bau mulut, kurangilah mengkonsumsi kedua benda tersebut, kalo perlu berhenti.
    • Anda bisa menghilangkan bau mulut dengan cara Gurah saluran pernafasan anda. Saluran pernafasan yang kotor ternyata bisa mengakibatkan bau mulut yang tidak sedap.
    • Perbanyak minum air putih. Air putih dipercaya mampu melarutkan zat-zat negatif dalam tubuh, termasuk menghilangkan zat yang mengakibatkan bau mulut.
    • Kurangi konsumsi makanan berlemak dan daging. Makanan berlemak akan membuat lambung anda cenderung aktif mengeluarkan zat asam yang akan menimbulkan bau gas yang jika keluar lewat mulut mengakibatkan bau naga yang dasyat.
    Itu saja sebagian cara menghilangkan bau mulut yang bisa anda coba. Semoga bermanfaat bagi anda, terutama bagi anda yang memiliki masalah bau mulut. Selamat menunaikan ibadah puasa tanpa bau mulut ^_^ 

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar