Selasa, 29 November 2011

EFEK SAMPING PASANG BEHEL


Menghindari Makanan Nyangkut di Kawat Gigi






Behel atau kawat gigi saat ini dapat dikategorikan sebagai alat penunjang kecantikan juga kesehatan yang sudah tidak asing lagi. Tetapi selalu saja ada keluhan awal dalam cara untuk mengkonsumsi makanan, misalnya sisa makanan yang menyangkut. Mau tahu tips menghindarinya? Ini dia!


1. Mengawali dengan makan makanan yang halus. Ini sebaiknya dilakukan ketika behel baru dipasang atau kawat behel baru dikencangkan. Dengan mengkonsumsi makanan yang halus seperti pasta, roti, sup, dan lain-lain membuat gigi tidak sakit.

2 Memotong makanan dalam ukuran kecil. Anda dapat menggunakan pisau untuk memotong makanan agar tidak tersangkut di behel Anda. Sebaiknya hindari makanan keras yang dapat menyebabkan bengkoknya kawat gigi.


3. Belajar untuk mengunyah makanan tanpa mendorong ke arah pipi. Karena akan sangat sulit untuk mengeluarkan sisa makanan di behel yang terletak di bagian belakang.

4. Hindari minuman yang mengandung gula seperti soda dan jus. Karena gula yang terdapat di dalamnya dapat menempel di behel dan akan menyebabkan pembusukan.

Bila Anda masih ingin mengkonsumsi minuman selain air mineral, gunakanlah sedotan sehingga tidak mengenai behel
5. Gosoklah gigi setiap habis makan. Hal ini dapat mengurangi kemungkinan makanan tersangkut di behel Anda. Tidak buruk juga untuk membawa sikat gigi
kemana pun Anda pergi.

6. Untuk Anda yang pertama kali menggunakan behel,Aanda harus menyesuaikan cara makan dengan keadaan mulut. Maka tidak disarankan untuk makan terburu-buru dan mengunyah dengan cepat.


Tips Bagi Kamu yang Sudah dan Akan Menggunakan Kawat Gigi

Gigi yang tertata rapi memberikan kita rasa percaya diri. Untuk kamu yang ingin mengenakan behel dan membuat gigi menjadi lebih rapi simak informasi menarik berikut ini:

Pakai Karena Kebutuhan
Ini sangat penting bila 
kamu ingin memakai behel pastikan bahwa gigi kamu memang rusak. Jangan hanya karena ingin ikut tren atau gaya kamu ikut-ikutan memakainya karena memakai behel tidak semudah kelihatannya. Orang yang boleh mengenakannya adalah mereka yang memiliki gigi yang letaknya tidak pada tempatnya, bertumpuk dan berjejal-jejal sehingga kekurangan tempat, tumbuh terlalu jarang sehingga ada celah di antara gigi-gigi, atau letaknya terlalu maju atau mundur. Karena fungsi behel adalah merapikan gigi. 

Dokter Khusus
Hanya dokter gigi tertentu yang bisa memasangkan behel yakni dokter spesialis orthodonti. Jadi jangan sembarangan pergi ke dokter gigi pastikan dia merupakan ahlinya.

Jenis Behel/Kawat Gigi
Ada berbagai jenis behel ada yang terbuat dari metal, clear/transparan yang berwarna seperti warna gigi. Untuk clear, bahannya bisa terbuat dari composite, porselin, atau plastik. Atau ada juga behel dengan penahan karet/karet pengikat bracket (kotak yang ditempel di gigi) ini paling disukai oleh kaula muda karena bantalan karetnya bisa berwarna-warni.

Tahapan Pemakaian
Sebelum mengenakan behel ada beberapa tahapan yang mesti dilakukan yakni, membuat cetakan model gigi, memotret gigi, merontgen gigi, kepala, serta wajah pasien secara keseluruhan. Ini semua agar perawatan benar-benar sempurna dan tidak asal-asalan karena biasanya ketika dipakaikan behel wajah jadi berubah. Biasanya gigi yang menumpuk-numpuk terjadi karena rahang kecil, jadi giginya harus dikurangi beberapa. 

Efek Behel
Setidaknya ada beberapa efek yang ditimbulkan bila mengenakan behel yakni, rasa sakit ketika pertama kali menggunakan behel. Lubang gigi dan karang gigi akan cepat terjadi karena tidak menyikat menyikat gigi dan menjaga kebersihan mulut. Belum lagi efek pada jariangan lunak, terutama pada gusi bibir dan pipi lebih mudah timbul radang gusi dan sariawan.

Wajib Dilakukan
Ada beberapa hal yang wajib dilakukan bila 
kamumenggunakan behel yakni, rajin membersihkan gigi setiap makan, selalu sediakan tusuk gigi. Serta jangan lupa untuk membawa sikat gigi untuk bersihkan sisa-sisa makanan yang nempel di bracket. Gunakan sikat gigi khusus untuk perawatan orthodonti atau sikat gigi anak-anak, yang bulu sikatnya lembut agar tidak merusak bracket. Kontrol gigi sesuai jadwal yang ditentukan dokter. Iris kecil-kecil semua makanan yang masuk dan kunyah secara perlahan-lahan. Bila memakai karet elastik atau head gear, pasang sesuai dengan petunjuk dokter gigi. 

Hal Yang Dilarang
Mencoba melepas atau menyetel kawat gigi yang sudah dipasang karena bisa merubah susunan yang telah ditetapkan. Memakan permen karet, permen keras, daging yang liat, keripik, kerupuk yang keras. Mengutakatik sendiri bracket yang lepas atau kawat yang menusuk gigi. Ini sangat berbahaya hubungi dokter untuk penangulangannya.


Bagi Pengguna Behel, Baca Tata Cara Setelah Memakai Behel

Behel atau kawat gigi saat ini dapat dikategorikan sebagai alat penunjang kecantikan yang sudah tidak asing lagi. Tetapi selalu saja ada keluhan awal dalam cara untuk mengkonsumsi makanan, misalnya sisa makanan yang menyangkut. Mau tahu tips menghindarinya? Ini dia!

1. Mengawali dengan makan makanan yang halus. Ini sebaiknya dilakukan ketika behel baru dipasang atau kawat behel baru dikencangkan. Dengan mengkonsumsi makanan yang halus seperti pasta, roti, sup, dan lain-lain membuat gigi tidak sakit. (Tambahan dari drg.Linus: kalau menurut saya bukan sakit, tetapi gigi tidak ada tenaga utk menggigit karena sedang digerakkan. Dalam waktu 3-7 hari setelah dipasang braces/kontrol, biasanya sudah bisa makan dengan normal).

2. Memotong makanan dalam ukuran kecil. Anda dapat menggunakan pisau untuk memotong makanan agar tidak tersangkut di behel Anda. Sebaiknya hindari makanan keras yang dapat menyebabkan bengkoknya kawat gigi. (Tambahan dari drg.Linus: makanan yg keras dapat juga menyebabkan lepasnya bracket).

3. Belajar untuk mengunyah makanan tanpa mendorong ke arah pipi. Karena akan sangat sulit untuk mengeluarkan sisa makanan di behel yang terletak di bagian belakang.

4. Hindari minuman yang mengandung gula seperti soda dan jus. Karena gula yang terdapat di dalamnya dapat menempel di behel dan akan menyebabkan pembusukan. Bila Anda masih ingin mengkonsumsi minuman selain air mineral, gunakanlah sedotan sehingga tidak mengenai behel. (Tambahan dari drg.Linus: kalau menurut saya tidak ada masalah dengan minuman yg mengandung gula dengan pemakaian braces. Pembusukan rasanya kurang tepat, kalau menurut saya, karena gigi susah dibersihkan dengan adanya braces maka bisa terjadi lubang pada gigi jika pemakaian braces terlalu lama. Dengan pemakaian braces 1-2 th & pembersihan gigi oleh dokter gigi pada waktu kontrol 1 bulan sekali, gigi tidak akan ada masalah & tetap sehat).

5. Gosoklah gigi setiap habis makan. Hal ini dapat mengurangi kemungkinan makanan tersangkut di behel Anda. Tidak buruk juga untuk membawa sikat gigi kemana pun Anda pergi. (Tambahan dari drg.Linus: anda juga bisa menggunakan alat tambahan seperti dental water jet utk membersihkan sisa makanan dari bracket & gigi anda).




6. Untuk Anda yang pertama kali menggunakan behel, Anda harus menyesuaikan cara makan dengan keadaan mulut. Maka tidak disarankan untuk makan terburu-buru dan mengunyah dengan cepat.


Yup buat teman-teman yang kurang suka dan takut menggunakan kawat gigi, sekarang ada tekhnologi baru Ortodonti yang sudah ada di Indonesia.. yaitu Invisalign…
Apa itu Invisalign
Invisalign adalah teknologi baru untuk merapihkan gigi tanpa menggunakan kawat.. Berbentuk transparan, berbentuk plastik dan dapat dilepas-lepas. Invisalign sendiri dibentuk dengan tekhnologi computer berdasarkan hasil cetakan gigi pasien. Selanjutnya model 3D gigi dikirim ke Amerika untuk dibuat mengikuti struktur gigi, setelah selesai dikirim ke Indonesia lg.
Setelah pasien menerima alat ini, pasien disarankan menggunakannya setiap hari selama 2 minggu selama 20-22 jam tiap harinya (hanya dilepas saat makan, minum, dan gosok gigi). Setelah 2 minggu biasanya struktur gigi sudah mulai berubah..sehingga diperlukan penyesuaian dan penggantian, sampai gigi menjadi rapih. Biasanya jangka waktu pemakaiannya sekitar 6-12 bulan.
Hasilnya seperti ini:

Pasang Behel murah


PAKET ORTHO/BRACES/BEHEL MURAH Rp 4 Juta Khusus Pelajar/Mahasiswa/i
Buat temen-temen di milist ini, yang mempunyai kakak/adik/anak/saudara/temen dan berminat memasang alat ortho fixed (behel) dengan harga murah ( Rp 4 juta ), produk berkualitas dari USA, menggunakan Sistem Roth dan ditangani oleh dokter gigi yang berpengalaman serta telah mengerjakan lebih dari 250 kasus perawatan ortho/behel dengan hasil memuaskan, dateng deh ke klinik gigi ini, patut dicoba, dijamin gak nyesel dech.
NEH…CATET YA ALAMAT NYA 
sucipto or minidental jl gubengmasjid timur(sgo)no 4h085646833214
085233671256

gini nih kondisinya kalo gigi kamu dikawat
Tetapi berdasarkan pengalaman saya juga, efek samping itu gak begitu menyiksakarena yang sebenarnya menyiksa adalah ongkosnya. Maksudnya jangan terlalu khawatir dengan efek sampingnya, toh itu masih bisa diatasi. Yang terpenting adalah fokus terhadap hasil yang akan didapat nanti, efek kesehatan dan efek estetika.  Yo tetap semangat kontrol!


KAPAN WAKTU YANG TEPAT UNTUK PASANG BEHEL..?/!


Adalah...Saat anda memang memerlukannya baik untuk perawatan maupun untuk sekedar mengikuti trens...fasien anak  muda sekarang dan tentunya bugetnya (uangnya ) ada ciin..;-)
Jadi sesuaikan dgn BUGET-nya lalu pilih BEHEL-nya...dan SEGERA HUBUNGI SAYA...ok ! Alamatnya ADA DIATAS-kan..;-)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar